Sejarah Singkat EF (Education First)

  • Whatsapp

Dalam artikel sebelumnya telah dibahas tentang alasan ikut kursus EF Adults dimana bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional maka kemampuan berbahasa Inggris wajib dimiliki jika ingin bertahan dalam persaingan global. Untuk itu, setidaknya tahu sejarah singkat EF sebelum bergabung menjadi siswa.

Sejarah Singkat EF (Education First)

Bacaan Lainnya

Sejarah Singkat EF (Education First)

Keberadaan EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional tidak terlepas dari sejarah berdirinya EF. Awalnya EF untuk para siswa non english agar bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat dan praktis. Namun EF kemudian bukan hanya untuk siswa lagi melainkan juga untuk umum atau kalangan dewasa.

Berikut ini sekilas perjalanan EF hingga tersebar ke seluruh dunia.

Lembaga pendidikan non formal EF ini tidak terlepas dari sosok yang bernama Bertil Hult, seorang pria muda asal Swedia, yang pergi ke Inggris pada awal tahun 1960an. Bertil Hult yang menderita disleksia yaitu suatu gangguan belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, terkejut bagaimana dengan mudah belajar bahasa Inggris saat bepergian ke Inggris. Ia mulai yakin bahwa belajar bahasa Inggris di sekolah bukanlah yang paling efektif.

Berdasarkan pengalaman tersebut, akhirnya pada tahun 1965 Bertil Hult mendirikan lembaga pendidikan khusus bahasa Inggris bernama Europeiska Ferieskolan (EF) yang artinya Sekolah Liburan Eropa. Metode belajar yang dipakai adalah Sprakresor  atau Language Travel, dimana mengombinasikan pembelajaran bahasa Inggris dan bepergian keluar negeri.

Untuk pertama kali, 407 murid SMA Swedia (yang bukan pengguna bahasa Inggris) diajak pergi ke Inggris untuk belajar bahasa Inggris saat liburan musim panas. Metode belajar bahasa Inggris di luar kelas tersebut merupakan salah satu pengalaman belajar bahasa Inggris pertama di dunia yang selanjutnya menjadi landasan bagi pendidikan bahasa Inggris modern.

Program EF Language Travel akhirnya menyebar dan meluas dengan pesat di Swedia dan Scandinavia dapat tahun 1967. Selain menawarkan belajar bahasa Inggris di Inggris, EF juga membuka program belajar bahasa Jerman di Jerman dan belajar bahasa Perancis di Perancis.

Pada tahun 1990 nama Europeiska Ferieskolan (EF) diubah menjadi Education First (EF) untuk mencerminkan evolusi organisasi menjadi perusahaan pendidikan global.  Logo EF pun diubah oleh desainer ternama Paul Rand. Bagi EF, itu sudah menjadi prinsip dibalik setiap program EF selama 50 tahun. Cara belajar yang mudah dan efektif ini telah membantu menjadi salah satu organisasi pendidikan terbesar di dunia.

Bagaimana EF Education di Indonesia? EF pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1986 dengan menerbangkan satu kelompok siswa SMA ke Amerika Serikat untuk belajar Bahasa Inggris.

Lalu di tahun 1995, EF akhirnya membuka Center pertama di Jakarta dengan nama  English First (EF). Hingga hari ini EF menyediakan program pelatihan intensif untuk orang dewasa EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional dan pendidikan bagi anak-anak dengan memanfaatkan teknologi terbaru untuk menyediakan kursus, baik di sekolah maupun online 24 jam sehari.

 

Sejarah Singkat EF (Education First)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *