8 Tips Traveling Hemat Agar Liburan Menyenangkan

Ketika mendengar kata-kata traveling, apakah kamu seketika membayangkan sebuah perjalanan liburan yang akan sangat menguras kantong? Tenang, untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa simak beberapa tips traveling hemat ini.

Tips Traveling Hemat

Bacaan Lainnya

Budget bukanlah masalah lagi jika kamu tahu tips-tips untuk melakukan traveling hemat. Salah satu tipsnya untuk melindungi finansial kamu dari biaya-biaya tak terduga saat traveling, kamu bisa membeli asuransi perjalanan di PT Asuransi Simas Insurtech.

Tips Traveling Hemat

Traveling dalam rangka liburan atau istilah zaman sekarangnya “healing” memang menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menyegarkan kembali pikiran dari rutinitas sehari-hari.

Untuk melakukan traveling secara hemat, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Rencanakan traveling kamu dengan matang

Tips traveling hemat pertama yang harus dilakukan adalah kamu harus merencanakan traveling kamu secara matang. Kamu harus menentukan mau traveling kemana dan apa saja yang akan kamu lakukan di sana.

Cobalah mencari tahu terlebih dahulu destinasi yang akan kamu datangi. Lakukan riset dengan berselancar di internet atau bergabung dengan forum traveling.

Kamu sangat tidak disarankan untuk melakukan traveling secara dadakan karena harga tiket, penginapan, dan akomodasi lainnya bisa menjadi lebih mahal.

2. Tentukan budget travelling

Setelah melakukan perencanaan yang matang, tips hemat berikutnya berkaitan dengan budget traveling.

Kamu harus mempersiapkan budget untuk tiket pesawat atau moda transportasi lainnya, penginapan, makan, tiket masuk tempat wisata hingga biaya untuk belanja dan oleh-oleh.

Tips ini akan sangat membantu kamu dalam mengontrol pengeluaran ketika traveling sehingga kamu akan terhindar dari kemungkinan over budget.

3. Lakukan traveling secara mandiri

Saat ini melakukan traveling secara mandiri tanpa jasa travel agent bukanlah sesuatu yang baru lagi.

Sangat banyak kita temui orang-orang yang melakukan traveling secara solo, backpacker-an maupun bersama teman-teman tanpa travel agent.

Hal ini bisa menjadi salah satu tips bagi kamu yang ingin melakukan traveling dengan hemat. Yang pasti kamu akan menghemat biaya agen perjalanan.

Namun, melakukan traveling sendiri haruslah dipersiapkan dengan baik untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan ketika traveling.

Ketika kamu memutuskan untuk melakukan traveling secara mandiri, kamu  benar-benar harus melakukan semuanya sendiri, seperti mencari tiket, akomodasi, penginapan, hingga itinerary perjalanan.

Kamu bisa juga bertanya di forum-forum sosial media yang saat ini banyak ditemui.

Tips ini bukan hanya bisa menghemat budget kamu dalam traveling, namun juga bisa mengembangkan diri dengan  pengalaman traveling yang didapatkan.

4. Rajin-rajinlah mencari promo

Berikutnya, untuk menghemat biaya traveling, kamu harus rajin-rajin mencari harga promo untuk semua kebutuhan perjalanan kamu.

Saat ini teknologi sudah sangat canggih. Informasi apa pun yang kamu mau bisa dengan mudah dan cepat kamu dapatkan melalui internet.

Nah, kamu bisa memanfaatkan teknologi yang canggih ini untuk berburu berbagai tiket promo, seperti tiket pesawat, kereta, hotel, transportasi, dan tiket wisata lainnya.

Saat ini banyak tersedia tiket promo yang disediakan oleh berbagai perusahaan maskapai melalui program online travel fair.

Selain itu, perusahaan travel juga sering menyediakan promo tiket untuk destinasi wisata. Kamu harus update mengenai informasi ini.

Intinya kamu jangan malas untuk mencari informasi mengenai tiket promo tersebut. Jika kamu berhasil mendapatkan berbagai promo untuk perjalanan kamu, bisa dipastikan kamu akan menghemat biaya cukup banyak.

5. Lakukan traveling di saat low season

Jika kamu berharap bisa traveling dengan hemat, salah satu tips yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak melakukan traveling pada saat musim liburan.

Hal yang selalu terjadi saat musim liburan adalah semua harga tiket liburan akan naik berkali-kali lipat. Selain itu, ketika kamu mengunjungi tempat wisata, tempat tersebut akan sangat ramai dikunjungi sehingga akan terasa kurang nyaman.

Pilihlah waktu traveling pada saat low season. Low season ini bisa diartikan dengan masa atau periode di mana orang-orang sedang tidak dalam musim liburan.

Kunjungan ke destinasi wisata akan sepi. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk traveling, karena akan lebih hemat dibanding bepergian pada musim liburan

6. Menginap di guest house atau hostel

Salah satu tips yang juga sering digunakan pelancong untuk menghemat budget ketika traveling adalah dengan mencari penginapan yang murah seperti di hostel dan guest house.

Kamu bisa mencari menggunakan aplikasi marketplace penginapan. Tipsnya adalah, kamu harus membaca semua review dari pengguna aplikasi yang menginap di guest house atau hostel yang kamu incar.

Ini untuk memastikan bahwa penginapan tersebut memang bagus dan sesuai dengan harapan kamu.

7. Gunakan transportasi umum

Tips hemat lainnya buat pelancong adalah dengan memanfaatkan moda transportasi umum selama traveling.

Saat ini, kemana saja kamu pergi, menemukan transportasi umum bukanlah perkara yang sulit lagi.

Jika kamu pergi traveling ke luar negeri maupun ke kota-kota besar, banyak sekali jenis transportasi umum murah yang bisa kamu gunakan, seperti MRT, LRT, KRL, hingga bus yang nyaman.

Biayanya jauh lebih murah dibandingkan kamu harus menyewa taxi atau mobil pribadi.

8. Beli tiket jauh hari

Harga tiket biasanya akan lebih murah jika dibooking jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Kamu bisa memesan tiket tersebut jika sudah menentukan tanggal traveling.

Ketika kamu memesan tiket pesawat, haruslah dibarengi dengan asuransi keterlambatan penerbangan Simas Insurtech. Ini bertujuan untuk melindungi kamu dari risiko keterlambatan pesawat dan risiko perjalanan lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai tips traveling hemat bagi kamu yang hendak melancong ke berbagai destinasi wisata. Semoga beberapa tips di atas benar-benar bisa kamu gunakan dan bermanfaat untuk menghemat biaya traveling kamu.

 

8 Tips Traveling Hemat Agar Liburan Menyenangkan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.