Pengertian Tokoh Secara Umum

  • Whatsapp

Pengertian Tokoh secara umum adalah seseorang yang dianggap terkemuka atau ternama di bidangnya, atau seseorang yang dianggap memiliki peranan penting dalam suatu bidang atau aspek kehidupan tertentu dalam masyarakat.

Tokoh

Bacaan Lainnya

Tokoh dapat berupa fiksi (sesuatu yang tidak nyata alias khayalan atau fiktif) dan non fiksi (nyata, benar adanya).

Tokoh Fiksi

Tokoh fiksi umumnya terdapat dalam sebuah karya fiksi. Tokoh fiksi dapat pula diartikan sebagai orang-orang atau pelaku yang ditampilkan dalam sebuah cerita naratif (cerpen, novel, dll) atau drama (film, sinetron, dll) yang memberikan makna cerita secara keseluruhan pada suatu peristiwa.

Dengan kata lain, tokoh dalam karya sastra adalah orang-orang fiktif (khayalan) yang berperan dalam cerita yang memberikan pengaruh dalam jalannya suatu peristiwa. Atau pelaku yang mengembangkan peristiwa dalam cerita fiksi sehingga peristiwa itu mampu menjalin sebuah cerita.

Contoh Tokoh fiksi:

  • Superman, Batman, dll. merupakan tokoh super hero dalam film.
  • Donal Bebek, Tom and Jerry, dll. merupakan tokoh kartun
  • Siti Nurbaya, Lupus, dll. merupakan tokoh fiksi dalam novel.
  • Ande-ande Lumut, Malin Kundang, dll. merupakan tokoh dalam cerita rakyat

Tokoh Non Fiksi

Tokoh non fiksi secara umum merupakan orang yang memiliki peran penting dalam suatu aktivitas atau kegiatan dalam masyarakat. Tokoh non fiksi berasal dan dibesarkan serta hidup dalam lingkungan masyarakat tertentu yang telah terbukti menaruh perhatian terhadap sesuatu dan diakui oleh masyarakat.

Contoh Tokoh Non Fiksi:

  • Sukarno, Moh. Hatta, dll. merupakan tokoh kemerdekaan Indonesia.
  • Ali Said,¬†Adnan Buyung Nasution, dll. merupakan tokoh hukum di Indonesia.
  • Bu Kasur, Kak Seto, dll. merupakan tokoh peduli anak-anak di Indonesia.
  • Gus Dur, Amin Rais, dll merupakan tokoh reformasi Indonesia.
  • Hasyim Asy’ari, Ahmad Dahlan, dll merupakan tokoh agama Islam Indonesia.

Arsip Tokoh

Dalam situs web Arsip Digital ini, akan merangkum riwayat hidup tokoh-tokoh besar (non fiksi) baik itu yang berasal dari Indonesia maupun manca negara. Bisa juga merupakan tokoh protagonis maupun tokoh antagonis. Bisa juga tokoh pahlawan, politik, negarawan, maupun tokoh dunia seni atau bisnis.

Penerbitan artikel ini tentu saja tidak dimaksudkan untuk membangkitkan kultus individu atau pemujaan berlebihan terhadap sosok tertentu, melainkan sebagai upaya mendapatkan pelajaran berharga dan mengingat sejarah khususnya di kalangan generasi muda.

Arsip Digital Tokoh.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code