Pengertian Referensi Secara Umum

  • Whatsapp

Pengertian referensi adalah asal/bahan sumber yang digunakan untuk menyokong atau memperkuat pernyataan dari pemberi informasi (pembicara atau penulis) dengan tegas. Referensi dapat disebut juga dengan istilah rujukan atau acuan.

pengertian referensi

Muat Lebih

Istilah referensi berasal dari bahasa Inggris reference yang memiliki kata dasar refer + -ence yang berarti untuk mengarahkan informasi atau apapun yang diperlukan.

Referensi merupakan keterangan lanjutan mengenai suatu hal yang dibahas atau bahan sumber yang dipakai untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut. Sumber materi referensi adalah tempat materi tersebut ditemukan.

Tujuan mencantumkan referensi selain sebagai memberikan suatu informasi dari sumber asli suatu teori atau pendapat, juga sebagai sebagai penghargaan atas karya orang lain.

Materi-materi referensi bisa saja faktual dan non faktual yang mungkin muncul dalam tiga bentuk:

  1. Bukti seperti contoh-contoh, statistik, dan kesaksian.
  2. Nilai-nilai yang dianut oleh orang-orang yang menerima argumentasi (anggota khalayak).
  3. Kredibilitas pemberi informasi (pembicara). Contohnya: seorang pemberi informasi mungkin merujuk pada pengalamannya sendiri untuk menyakinkan pemirsanya bahwa ia adalah orang yang cakap.

Pada umumnya, referensi digunakan pada karya ilmiah untuk kepentingan penelitian atau study. Dengan adanya referensi maka karya ilmiah tersebut akan menjadi lebih dipercaya dan berkualitas karena ada sumber informasi atau bahan rujukan terpercaya yang di gunakan sebagai pendukung tulisan.

 

Arsip DIGITAL Referensi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code