Pengertian Enkripsi Dan Dekripsi

  • Whatsapp

Enkripsi (Encryption) dan Dekripsi (Decryption) merupakan istilah yang sering digunakan pada dunia digital di dunia modern. Sebenarnya, pratik enkripsi sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Meskipun teknologi pengkodean telah berubah, namun beberapa prinsip dasar enkripsi adalah sama.

 Enkripsi Dan Dekripsi

Bacaan Lainnya

Pengertian Enkripsi (Encryption)

Pengertian Enkripsi adalah proses pengkodean menggunakan algoritma untuk mengubah informasi atau data agar tidak dapat dibaca oleh pengguna yang tidak sah.

Artinya setelah informasi atau data dienskripsi maka membutuhkan kode untuk membuka atau membacanya.

Enkripsi digunakan untuk menambah tingkat keamanan pada data untuk mencegah agar isi file tidak dipahami oleh orang maupun system computer yang tidak berwenang mendapatkannya.

Enkripsi adalah cara terbaik untuk menjaga informasi atau data, termasuk informasi identifikasi pribadi, informasi kesehatan dan informasi keuangan, tetap menjadi pribadi.

Namun pemilik data dapat membagikan kode itu dengan orang lain agar dapat dibuka atau dibaca, jika diinginkannya.

Tanpa enkripsi yang aman, data selalu berisiko diretas , dan untuk alasan ini, solusi utama untuk semua kebutuhan keamanan data konsumen dan perusahaan berpusat di sekitar penerapan enkripsi yang efektif.

Proses enkripsi dapat dilakukan secara otomatis (melalui bantuan software) atau dilakukan secara manual.

Pengertian Dekripsi (Decryption)

Pengertian Dekripsi adalah proses mengubah data yang telah dibuat tidak dapat dibaca melalui enkripsi kembali ke bentuk yang tidak dienkripsi.

Data yang dienskripsi atau dikodekan akan dikembalikan ke bentuk aslinya, apakah berisi teks atau gambar, sehingga dapat dibaca oleh yang lain termasuk sistem komputer.

Proses dekripsi dapat dilakukan secara otomatis atau dilakukan secara manual.

 

Pengertian Enkripsi Dan Dekripsi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code