Apa Saja Kelebihan serta Kekurangan WFH dan WFO?

Belakangan kita memang akrab dengan istilah WFH dan WFO. Istilah ini mulai muncul di awal tahun 2020 pada saat pandemi covid 19 mulai masuk ke Indonesia. Masyarakat diharuskan untuk bekerja dari rumah yang dikenal dengan istilah WFH atau work from home. Hal ini dilakukan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid 19.

work from home

Bacaan Lainnya

Pandemi memang membuat kehidupan kita berubah dalam segala aspek. Kamu harus beradaptasi dengan segala perubahan agar bisa tetap bertahan.

Aspek yang berubah seperti kehidupan sosial, pekerjaan, hingga kesehatan. Agar finansial kamu tetap aman dari berbagai risiko ke depannya, sebaiknya kamu mempersiapkan asuransi yang bisa kamu beli di SimasInsurtech.com

Setelah lebih dari 2 tahun kita merasakan work from home (WFH), saat ini pemberlakuan work from office (WFO) sudah mulai diterapkan lagi. Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan bekerja dari rumah, saat ini harus mulai lagi beradaptasi dengan kegiatan WFO.

Kelebihan dan Kekurangan WFH

Sebagian orang menyukai kegiatan WFH dan sebagian lagi menyukai jika bisa bekerja dari kantor (WFO). Berikut kelebihan dan kekurangan antara WFH dan WFO bagi kamu yang diharuskan memilih bekerja dengan sistem apa.

Kelebihan Work From Home

Work from home (WFH) merupakan kegiatan bekerja yang dilakukan dari rumah. Dengan bekerja dari rumah, tentu saja ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan.

1. Waktu bekerja lebih flexible

Dengan adanya sistem WFH, kamu bisa mengatur bebas dalam jadwal kerja kamu. Meskipun bekerja dari rumah, kamu tetap bisa bekerja secara profesional dengan menyelesaikan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab kamu sesuai deadline yang ditetapkan atasan.

2. Menghemat pengeluaran

Kelebihan WFH berikutnya yang bisa kamu dapatkan adalah kamu bisa menghemat pengeluaran. Hal ini dikarenakan kamu tidak harus melakukan perjalanan dari rumah ke kantor, sehingga bisa memotong biaya transportasi.

Biaya lain yang bisa kamu hemat selama WFH adalah biaya makan dan jajan di kantor.

Ketika kamu melakukan WFH, kamu bisa makan di rumah tanpa harus membeli makan di luar. Kamu bisa memasak sendiri sehingga bisa lebih hemat.

3. Bisa meningkatkan produktivitas

Meningkatnya produktivitas juga merupakan salah satu kelebihan sistem WFH. Ketika kamu bekerja dari rumah dengan jam kerja senyaman kamu, maka kamu bisa mengeluarkan kemampuan maksimal dalam bekerja dan menjadi lebih produktif.

Kekurangan Work From Home

Selain adanya kelebihan dari sistem WFH, terdapat kekurangan yang juga harus kamu tahu. Berikut ini beberapa kekurangan dari sistem work frome home.

1. Komunikasi dengan rekan kerja kurang efektif

Dikarenakan sistem kerja WFH mengharuskan kamu untuk bekerja dari rumah, maka bisa dipastikan kamu tidak bisa bertatap muka langsung dengan rekan kerja maupun atasan kamu.

Kamu diharuskan untuk selalu online dan bisa dihubungi kapan pun. Hal ini tentu saja cukup menghambat komunikasi karena banyak variabel yang menentukan komunikasi kamu berjalan lancar seperti koneksi internet, aplikasi yang digunakan, hingga waktu online yang disesuaikan.

2. Jam kerja jadi tidak teratur

Kekurangan sistem WFH berikutnya yang harus kamu tahu adalah jam kerja yang menjadi tidak teratur.

Ketika WFO, kamu memiliki jam kerja yang jelas karena disesuaikan dengan kebijakan kantor. Kamu bisa pulang dan istirahat setelah jam kantor berakhir.

Hal ini tidak berlaku ketika kamu melakukan sistem kerja WFH. Kamu bisa saja bekerja sampai tengah malam karena tidak disiplinnya kamu dalam mengatur waktu.

3. Berkurangnya fokus dalam bekerja

Ketika melakukan pekerjaan dari rumah, fokus kamu akan terbagi dengan pekerjaan rumah lainnya.

Misalnya, kamu harus memasak dan membersihkan rumah dikala jam kerja. Bisa juga mendapat gangguan dari anak dan tetangga yang datang bertamu.

Kelebihan dan Kekurangan WFO

Kelebihan Work From Office

Sebagian orang-orang lebih menyukai sistem kerja work from office karena tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. Beberapa kelebihan sistem kerja WFO yang harus kamu ketahui seperti.

1. Lebih efektif ketika melakukan pekerjaan

Pekerjaan akan lebih efektif dikerjakan jika komunikasi antar rekan kerja terjalin dengan baik. Komunikasi yang yang baik dilakukan secara langsung.

Berdasarkan penelitian, berkomunikasi secara langsung secara tatap muka akan terasa lebih meyakinkan dibanding komunikasi secara daring maupun email.

Pengarahan, diskusi, dan meeting akan lebih efektif jika dilakukan dengan tatap muka langsung. Sehingga, instruksi maupun hasil meeting dapat langsung kamu pahami dan pekerjaan kamu akan menjadi lebih efektif.

2. Jam kerja bisa lebih teratur

Kelebihan lainnya dari sistem WFO adalah jam kerja kamu jadi lebih teratur. Kamu bekerja akan mengikuti jam kantor yang dijadwalkan oleh perusahaan atau instansi tempat kamu bekerja.

Setelah jam kantor berakhir, kamu bisa pulang dan beristirahat.

3. Kegiatan administrasi dan operasional kantor menjadi lebih mudah dibanding WFH

Dalam urusan administrasi dan operasional kantor, sistem kerja WFO jauh lebih menguntungkan karena dalam pengerjaannya lebih efektif ketika dilakukan di kantor.

Seperti halnya kamu harus melakukan scan dokumen, print dan juga scan. Semua pekerjaan tersebut akan lebih mudah dilakukan di kantor karena peralatan penunjang kegiatan tersebut ada di kantor.

Kekurangan Work From Office

Selain memiliki kelebihan, sistem WFO tentu saja juga memiliki kekurangan.

1. Biaya yang dikeluarkan jadi lebih banyak

Melakukan pekerjaan dari kantor, istilah kerennya WFO, membutuhkan biaya lebih banyak dibanding jika kamu bekerja dari rumah.

Biaya yang pasti kamu keluarkan untuk WFO adalah biaya transportasi. Baik kamu menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, tetap ada biaya yang harus digelontorkan.

2. Tekanan yang dirasakan dalam bekerja akan lebih besar

Bagi sebagian orang mungkin lebih menyukai bekerja tanpa diawasi langsung oleh atasan. Hal ini tidak bisa kamu lakukan dalam sistem kerja WFO.

Dalam sistem WFO, kamu akan bertemu langsung dengan atasan di kantor, sehingga mereka bisa langsung mengawasi kamu. Hal ini membuat tekanan bekerja di kantor akan terasa lebih besar dibanding kamu melakukan WFO.

3. Resiko kecelakaan dalam perjalanan ke kantor

Kekurangan yang paling dihindari dalam sistem kerja WFO adalah besarnya kemungkinan terjadinya hal yang tidak menyenangkan selama perjalanan kamu dari kantor ke rumah dan sebaliknya.

Untuk menjamin perlindungan atas berbagai risiko saat kamu berangkat ke kantor, sebaiknya kamu membeli asuransi kecelakaan diri.

Kamu akan mendapatkan manfaat proteksi diri berupa perlindungan dari risiko kecelakan seperti jaminan kecelakaan sepeda motor, biaya perawatan medis, hingga santunan meninggal dan cacat tetap.

Demikian pembahasan mengenai sistem kerja WFH dan WFO dan apa saja kelebihan maupun kekurangannya. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu dalam memilih sistem kerja sehingga menjadi lebih produktif dan berkembang.

 

Kelebihan serta Kekurangan WFH dan WFO

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.