Ciri Khas Batik Cirebon

  • Whatsapp

Ciri khas batik Cirebon adalah garis-garis tipis yang halus dan tidak putus. Tapi sayangnya sudah mulai jarang para perajin sekarang yang bisa membuat garis sehalus ini, karena perlu kesabaran, keuletan, dan ketelitian.

batik cirebon

Bacaan Lainnya

Secara  garis besar motif batik khas Cirebon dapat dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu motif keratonan dan pesisiran.

Ornamen-ornamen batik yang menampilkan motif alam untuk menunjukan batik khas pesisiran, sedangkan beberapa motif lainnya menggunakan ornamen-ornamen di keraton untuk menunjukkan dua keraton Cirebon yaitu Kasepuhan dan Kanoman

Warna gading juga menjadi warna khas batik Cirebon. Sementara itu, motif batik khas Cirebon yang telah dikenal masyarakat luas diantaranya Mega mendung, Singa Barong, dan Wadasan atau batu cadas.

Desa Trusmi  Sentra Batik Cirebon

Desa Trusmi terkenal sebagai objek wisata belanja batik khas Cirebon. Di sinilah juga sentra perajin batik kota udang. Deretan showroom batik meramaikan sisi kanan dan kiri desa Trusmi. Beberapa showroom juga merangkap pabrik atau workshop pembuatan batik.

Salah satu perajin batik Trusmi yang terkenal adalah Katura. Usaha batik milik keluarganya itu telah melewati beberapa generasi.

Katura telah membatik mulai dari usia 11 tahun. Kini, sudah  menginjak usia lebih 60 tahun. Pada usia 22 tahun, Katura sudah membuka usaha sendiri dengan dibantu oleh lima orang tenaga kerja, dan usaha tersebut terus berkembang sampai saat ini dengan memiliki karyawan sebanyak 30 orang.

Selain itu, Katura telah menghasilkan beberapa design motif batik yang telah di produksi dan dipasarkan oleh para pengusaha batik Kabupaten Cirebon.

Pesanan yang datang pun tak hanya dari lokal melainkan juga mancanegara. Baru-baru ini, Katura menerima pesanan dari Jepang. Uniknya, semua batik produksi Katura merupakan batik tulis.

Bayangkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap lembar kain batik tulis ada yang mencapai satu tahun lebih. Tentu saja, harganya pun lumayan mahal jika dibanding dengan batik cap. Justru kekhasan itu yang menjadi incaran para kolektor batik dalam maupun luar negeri.

Katura sering disebut-sebut sebagai seniman batik Cirebon. Berbagai penghargaan telah ia terima. Salah satunya adalah penghargaan Upakarti di tahun 2009 karena jasanya dalam pelestarian bidang industri batik

Salah satu cara pelestarian batik agar tetap menjadi budaya Cirebon adalah dengan mendirikan sanggar batik. Setiap orang yang ingin belajar batik khas Cirebon dapat mampir dan berlatih di sanggar miliknya. Bahkan, sanggar itu pun terbuka untuk wisatawan. Banyak turis yang datang untuk belajar di sini.

 

Ciri Khas Batik Cirebon

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *