Batik Jombangan

  • Whatsapp

Batik tak hanya berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah, tetapi di Jombang (Jawa Timur) juga banyak memiliki industri batik. Bahkan kerajinan asal ‘Kota Santri’ ini dikenal ramah lingkungan karena pewarnaannya tidak pernah menggunakan unsur kimia.

Batik Jombangan

Bacaan Lainnya

Produk batik yang diberi nama Batik Jombangan ini lebih banyak mengandalkan warna-warna alami yang bahan pewarnanya diambil dari bahan sisa (limbah) yang diolah dalam paduan aneka motif khas Jombangan.

Misalnya Batik Sekar Jati yang mengkhususkan untuk memproduksi kain batik murni menggunakan bahan-bahan alam, diproduksi di Desa Jati Pelem, Kecamatan Diwek, Jombang. Ide memadukan warna alam ini sudah lama dirancang. Keuntungan menggunakan warna alam ini karena cocok bagi siapa saja yang menggunakannya.

Dengan demikian, diharapkan memakai pakaian dari Batik Jombangan ini tidak pernah ada keluhan karena alergi atau gatal-gatal. Warna alam ini jauh lebih aman.

Warna alam yang digunakan adalah perpaduan dari beberapa tumbuh-tumbuhan maupun buah-buahan yang ada di alam ini. Salah satunya adalah menggunakan kulit rambutan.

Selain itu, juga terus melakukan eksperimen dari bermacam-macam tanaman. Yang pasti dijamin bahwa batik Jombangan ini tak kalah dengan batik-batik lainnya.

Batik Sekar Jati juga menampilkan motif khas Jombangan. Salah satunya adalah motif Candi Arimbi. Motif ini, katanya, telah dipatenkan oleh Pemkab Jombang sehingga motif Candi Arimbi ini hanya milik batik Jombangan.

Selain motif Jombangan, pihaknya juga sedang mengembangkan batik dengan motif hewan sehingga produksi batik tulisnya ini lebih bervariasi. Hasilnya pun tidak sia-sia.

Pada awal pembuatan, diakui kesulitan bahwa dalam menjual karena tampilan warnanya yang kelihatan pudar dan harganya lebih tinggi dibandingkan batik yang menggunakan warna kimia.

Namun di balik kesulitan itu, banyak konsumen luar negeri yang menyenangi pakaian batiknya. Pembelinya yang di Indonesia, sering membawa batik Jombangan ke luar negeri, seperti Jepang, Australia, Jerman dan Amerika.

 

Batik Jombangan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *